Ini Dia, Sepeda Berkecepatan 133,78 Km/Jam

Ini Dia, Sepeda Berkecepatan 133,78 Km/Jam
Foto: www.scientias.nl

jpnn.com - INILAH sepeda tercepat di bumi saat ini. Kecepatannya mencapai 133,78 km per jam! Speed itu diperoleh bukan dengan mesin, melainkan mengayuh pedal.

Sepeda tercepat bernama VeloX3 itu merupakan hasil temuan tim mahasiswa dari Delft University of Technology dan VU University Amsterdam. Mengutip situs resmi Human Power Team Delft & Amsterdam, bentuk sepeda itu didesain seperti kapsul tiga dimensi.

Cyclist di dalamnya mengayuh pedal dalam posisi berbaring (laying down). "Desain tersebut memiliki tahanan angin hingga sepersepuluh dari sepeda biasa," kata Wouter Lion, manajer tim.

Pengerjaan permukaan "kapsul" memanfaatkan teknologi coating dengan standar Formula 1 dari Akzo Nobel. Itu membuat tahanan angin menjadi semakin rendah.

Sebastiaan Bowier pun mampu mengayuh sepeda hingga kecepatan 133,78 km per jam, lebih cepat 0,6 km per jam daripada rekor sebelumnya yang dipegang Sam Whittingham dari Kanada. Kecepatan itu diukur dalam jarak 200 meter setelah sepeda melaju sepanjang 8 kilometer di jalan lurus kawasan padang pasir Nevada, Amerika Serikat. (aga/c10)


INILAH sepeda tercepat di bumi saat ini. Kecepatannya mencapai 133,78 km per jam! Speed itu diperoleh bukan dengan mesin, melainkan mengayuh pedal.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News