Ini Dua Kemungkinan Penyebab Pesawat TNI AU Jatuh di Malaysia

Ini Dua Kemungkinan Penyebab Pesawat TNI AU Jatuh di Malaysia
Dua awak Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI-AU yang menyelamatkan diri dengan kursi pelontar. FOTO: (Ow Eng Tiong/AP Photo)

PETALING JAYA - Dua pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI-AU kemarin (15/3) mengalami kecelakaan di udara dalam sesi geladi resik Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition Malaysia. Dua pesawat jenis KAI KT-1B Woongbi itu bersenggolan di udara hingga jatuh. Empat personel di dua pesawat buatan Korsel itu, yakni dua pilot dan dua kopilot, berhasil selamat setelah menekan tombol kursi pelontar.

The Star melaporkan, insiden itu terjadi pukul 14.00 waktu setempat. Api dan asap terlihat selama tabrakan di atas Bandara Internasional Langkawi. Puing-puing pesawat ditemukan tersebar di area hutan di tepi bandara. Salah satu kursi pesawat ditemukan di dekat sebuah rumah. Akibat kecelakaan itu, setidaknya dua rumah terbakar.

Sesuai dengan kronologi dari TNI-AU, awalnya enam pesawat bermanuver. Namun, di tengah aksi tersebut, tiba-tiba dua pesawat bersenggolan.

Kerusakan parah tak terhindarkan. Empat personel kedua pesawat berhasil menekan tombol kursi pelontar. Keempatnya sempat keluar dari pesawat sebelum kedua pesawat jatuh. Keempat personel lalu dilarikan ke rumah sakit.

PETALING JAYA - Dua pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI-AU kemarin (15/3) mengalami kecelakaan di udara dalam sesi geladi resik Langkawi International

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News