Ini Harapan Ketua DPR pada Perayaan Hardiknas

Ini Harapan Ketua DPR pada Perayaan Hardiknas
Setya Novanto. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Hari ini, 2 Mei kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang saya harap jangan hanya kita rayakan ceremony nya semata, tapi esensi dari pendidikan nasional yang patut kita aplikasikan ke kehidupan sehari-hari.

Kita sudah sepatutnya mengingat sejarah perjuangan pendidikan nasional yang dimotori oleh Raden Mas Suwardi Suryaningrat yang dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara. Dewantara adalah seorang keturunan priyayi atau bangsawan kala itu, yang ikut berperan dalam kemerdekaan Indonesia dan peduli dengan pendidikan untuk rakyat jelata sehingga Beliau 'dibuang' oleh penjajahan kolonial Belanda.

Benih-benih kebodohan yang ditanamkan di ladang pemikiran Rakyat Indonesia oleh penjajah Belanda, terbakar hangus oleh pendidikan yang digagas Ki Hadjar Dewantara, sepulangnya Beliau ke Bumi Pertiwi dari Pengasingan di Belanda.

Ki Hadjar Dewantara mampu membuka mata seluruh Rakyat Indonesia akan pentingnya pendidikan, jendela dunia mulai terbuka, seluruh perenungan dan pemikiran bangsa mulai bangkit, ternyata tak ada hukuman yang lebih menyedihkan dari terpenjara dan terbelenggu kebodohan.

Sejarah Ki Hadjar Dewantara lah yang mengispirasi dan menggerakkan saya untuk tetap maju dan berjuang agar tetap sekolah ditengah himpitan ekonomi keluarga saya saat itu.

Saya teringat saat nekat masuk ke perguruan tinggi dan mahasiswa di Surabaya, saya bekerja sebagai sopir sekaligus pembantu agar tidak perlu membayar kos dan mendapatkan gaji untuk membiayai sekolah saya.

Saya juga mengisi waktu luang saya untuk berjualan beras di pasar lalu menjadi tukang cuci mobil disebuah dialer mobil di Surabaya hingga menyelesaikan kuliah.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News