Ini Hasil Analisis BMKG terkait Penyebab Banjir dan Longsor Sulut

Ini Hasil Analisis BMKG terkait Penyebab Banjir dan Longsor Sulut
Banjir Manado. Foto: Antara

jpnn.com, MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan  hasil analisis terkait hujan lebat yang menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Manado dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (21/1).

"Analisis sementara, berdasarkan kondisi dinamika atmosfer terkini adanya pusat tekanan rendan (1008 hPa) di Laut China Selatan dan pusat tekanan rendah LPA (998 hPa) di Laut Timur," ujar Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle di Manado, Jumat.

Kondisi ini, sebut dia, membentuk sirkulasi siklonal menyebabkan pola gradien angin di Sulut yaitu konvergensi massa udara/pertemuan massa udara di wilayah ini.

Massa udara yang bertemu di Sulut merupakan massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik sebelah barat.

Teridentifikasi labilitas atmosfer (pengamatan udara atas) pada jam 00 UTC memiliki indeks-indeks labilitas yang kuat dan memiliki energi besar untuk mendukung terjadinya pertumbuhan awan Cumulonimbus (CB) di wilayah Sulut khususnya Kota Manado dan sekitarnya.

Ben menambahkan kelembaban udara di lapisan 850mb = 80 persen, 700mb = 80 persen dan 500 mb = 100 persen yang menunjukkan kelembapan udara dari lapisan bawah hingga lapisan atas sangat basah sehingga mendukung pertumbuhan awan-awan CB di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota itu.

"Kondisi atmosfer demikian mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dalam durasi waktu yang lama," jelasnya.

BMKG memutakhirkan peringatan dini cuaca ekstrem pukul 22.35 Wita, berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Minahasa (seluruh wilayah), Kabupaten Bolaang Mongondow (bagian utara), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (bagian timur).

Telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Manado dan Kabupaten Minahasa baru-baru ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News