JPNN.com

Ini Hasil Kunjungan Kerja Gubernur NTB ke Polandia

Senin, 10 Desember 2018 – 19:00 WIB Ini Hasil Kunjungan Kerja Gubernur NTB ke Polandia - JPNN.com

jpnn.com - Kunjungan kerja Gubernur NTB Zulkieflimansyah beserta rombongan ke Polandia dan Republik Ceko berbuah sejumlah kesepakatan kerja sama bidang pendidikan dan pemerintahan.

Pada agenda kunjungan pertama, Selasa (4/12), Pemprov NTB sukses menjalin kerja sama dengan Pemprov Kujawsko-Promorskie. Kerja sama dua provinsi akan diwujudkan dalam investasi dan bisnis, beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar dan pekerja, seni dan kebudayaan hingga pelajaran musik.

"NTB memiliki banyak potensi sebagaimana Polandia, khususnya Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai dari destinasi wisata desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok dan Sumbawa, hingga sektor pertanian dan bioenergi," tutur Zul saat memberikan sambutan di depan tuan rumah.

Dalam sambutannya, Gubernur Piotr Calbecki mengatakan, kunjungan Pemprov NTB menjadi momen tak ternilai. Dia juga berharap semua kerja sama yang telah disepakati dapat berjalan dengan lancar.

"Kami sangat senang akhirnya bisa bertemu di sini. Selama ini hanya beberapa dari kami yang pernah mengunjungi NTB, sebagai turis maupun dalam kunjungan resmi dinas. Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa atau yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai "para calon pemimpin masa depan Indonesia" di kampus kebanggaan kami." kata Gubernur Piotr.

Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat dan akrab, Gubernur Piotr Calbecki mengungkapkan bahwa dirinya siap mengundang empat anak muda terbaik NTB untuk magang di kantornya selama satu bulan. Gubernur Calbecki juga menawarkan undangan kepada guru-guru SD dari NTB untuk datang untuk menyaksikan metode belajar mengajar di wilayahya.

Di bidang seni budaya, undangan juga terbuka bagi komunitas seniman maupun budayawan NTB untuk menggelar acara seni budaya di Polandia. Sementara karena Torun sangat terkenal atas pianis-pianis tingkat dunia, maka Gubernur Calbecki mengajak para pianis NTB untuk belajar di Torun.

Pada Rabu (5/12), rombongan berkunjung ke kampus Warsaw University of Life Sciences (SGGW-WULS). Pada kesempatan itu, terjalin kesepakatan terkait penerimaan beasiswa S2 jurusan teknik sipil dan teknik lingkungan untuk putra putri NTB.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...