NTB Jajaki Kerja Sama dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie

NTB Jajaki Kerja Sama dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie
Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Marshal Kujawsko-Pomorskie Piotr Calbecki. Foto: Ist

jpnn.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah beserta istri dan rombongan kepala dinas/OPD bertemu dengan perwakilan Pemerintah Provinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia. Pertemuan itu untuk menjajaki kerja sama bidang pendidikan dan ekonomi.

Pertemuan Gubernur Zul dengan rombongan Marshal Kujawsko-Pomorskie Piotr Calbecki di Kota Lama Torun, mendiskusikan berbagai sektor yang bisa ditindaklanjuti jadi kerja sama antara dua provinsi.

"Sebuah kehormatan mendapat sambutan yang begitu hangat, ramah dan terbuka dari Marshal Piotr Calbecki dan jajarannya di Kota Torun. Ini pertemuan pertama kali, namun membuka optimisme saya bahwa langkah selanjutnya begitu lebar dan nyata.

Pada kesempatan itu Zul mengatakan, NTB memiliki banyak potensi, mulai dari destinasi wisata desa adat di Lombok dan Sumbawa, hingga sektor pertanian dan bioenergi. Potensi yang tak kalah besar juga dimiliki Provinsi Kujawsko-Pomorskie.

Karena itu, dia berharap kerja sama antara kedua belah pihak bisa segera terealisasi. "Jadi kolaborasi konkret antara NTB dengan provinsi di negara yang warna bendaranya sama dengan Indonesia ini, meski terbalik warnanya" tutur Gubernur Zul saat memberikan sambutan di depan tuan rumah.

Bagi Marshal Piotr Calbecki, kunjungan ini menjadi momen tak ternilai. Bagi Marshal yang sudah menjabat selama 4 periode ini, kunjungan itu akan membuka beragam peluang kerja sama ataupun kolaborasi antara dua provinsi di beragam sektor bisnis dan industri, termasuk juga pendidikan.

"Kami sangat senang akhirnya bisa bertemu di sini. Selama ini hanya beberapa dari kami yang pernah mengunjungi NTB, sebagai turis maupun dalam kunjungan resmi dinas. Menarik, karena kami sudah memiliki sejumlah bisnis di sana, seperti skuba diving workshop di Lombok dan juga investasi di bidang pembangkit energi di Sumbawa," tutur dia.

"Kujawsko-Pomorskie juga punya Nicolaus Copernicus University, kampus tertua dan terbesar di wilayah ini. Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa atau yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai " para pemimpin masa depan Indonesia" di kampus kebanggaan kami." kata Marshal Piotr.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menjajaki kerja sama dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie di Polandia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News