Pemprov NTB Kirim 150 Penerima Beasiswa S2 ke Polandia

Pemprov NTB Kirim 150 Penerima Beasiswa S2 ke Polandia
Pertemuan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dengan duta besar dan perwakilan sejumlah universitas terkemuka Polandia. Foto: Ist

jpnn.com, MATARAM - Pemprov NTB akan kembali memberangkatkan penerima beasiswa pascasarjana ke Polandia. Gelombang ketiga yang dijadwalkan berangkat pada Februari tahun depan ini terdiri dari 150 calon mahasiswa yang akan mengambil gelar master di Vistula University.

Kepastian itu didapat setelah Gubernur Zulkieflimansyah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stockzynska dan perwakilan tiga perguruan tinggi terkemuka negeri Eropa Tengah itu kemarin, Kamis (15/11).

Kepada Gubernur Zulkieflimansyah, Dubes Beata menyatakan pihaknya sangat menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi NTB mengirim seribu mahasiswa setiap tahun ke luar negeri melalui program beasiswa.

“Kami menjadikan NTB sebagai daerah prioritas penerima beasiswa. Universitas-universitas terbaik kami di Polandia, siap menerima siswa asal NTB. Berbagai program jurusan dapat dipilih, seperti ilmu budaya, ekonomi, keuangan, ilmu teknik informatika, teknik mesin dan kelautan,” ujar Dubes Beata.

Di hadapan sejumlah rektor universitas dan sekolah tinggi di NTB yang saat itu hadir mendampingi gubernur, Dubes Beata juga meyakinkan bahwa Polandia adalah negara yang aman dan nyaman sebagai tujuan belajar. Disamping itu warga negaranya juga ramah dan penuh toleransi atas perbedaan suku bangsa dan agama.

Hingga saat ini, berbagai negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Thailand juga mempercayakan siswanya untuk menempuh pendidikan tinggi disana.

Pada kesempatan itu, Dubes Beata juga menyatakan bahwa pihaknya sangat tertarik dengan segala potensi yang dimiliki NTB. Dia juga menyatakan kesiapan menjajaki kerja sama di sektor-sektor lainnya. Misalnya saja investasi dan bisnis di sektor energi baru dan terbarukan, pariwisata hingga pengelolaan limbah/ sampah.

Gubernur Zulkieflimansyah meyakinkan kepada Dubes Beata bahwa anak-anak muda NTB yang dikirimkan bukanlah murid biasa. Dia memastikan, mereka semua adalah murid spesial dan unggulan.

Pemprov NTB akan kembali memberangkatkan penerima beasiswa pascasarjana ke Polandia. Gelombang ketiga ini terdiri dari 150 mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News