Ini Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri di Lima PTN

Ini Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri di Lima PTN
UNAIR. Foto: dok. Unair News

jpnn.com, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) sudah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri pada 4 hingga 11 Juli 2018.

Hasil seleksi jalur mandiri akan diumumkan pada 19 Juli 2018. Hal ini disampaikan oleh Rektor Unair Mohammad Nasih dalam konferensi pers di Gedung Rektorat Kampus C Unair, Selasa (3/7).

Dari total penerimaan 5.125 calon mahasiswa Unair, sebanyak 1.486 akan diterima melalui jalur mandiri. Nasih mengatakan tidak ada persyaratan khusus untuk pendaftaran melalui jalur mandiri. Calon peserta dengan sertifikat prestasi akan menjadi nilai tambah untuk dipertimbangkan.

Unair juga telah mempersiapkan pagu untuk kelas internasional yang ada pada Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum dan Program Studi Sosiologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Pendaftaran telah dibuka sejak pekan lalu sebetulnya, dan akan melakukan tahap tes pada 8 Juli. Untuk pengumumannya nanti keluar pada 9 Juli”, ujar Nasih.

Calon mahasiswa yang diterima Unair melalui jalur SBMPTN mencapai 42,14 persen yaitu sekitar 2.160. Sebelumnya, Unair telah menyerap calon mahasiswa baru pada jalur SNMPTN sebesar 30 persen, dan telah mempersiapkan sekitar 28-29 persen calon mahasiswa melalui jalur mandiri.

Dari 2.160 peserta SBMPTN, sebanyak 15,51 persen atau sekitar 335 calon mahasiswa dari skema Bidikmisi.

Peserta Bidikmisi Unair sebanyak 761 total keseluruhan dengan rincian 426 peserta Bidikmisi melalui SNMPTN, 335 peserta Bidikmisi melalui SBMPTN. Peserta Bidikmisi masih harus melalui tahapan verifikasi. “Untuk yang Bidikmisi bisa jadi gagal mendapatkan, jika ternyata kondisi ekonominya baik,” jelas Nasih.

Inilah jadwal pendaftaran jalur mandiri di lima PTN di Surabaya, antara lain Universitas Airlangga (Unair) 4 Juli - 11 Juli 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News