Ini Jenis Senjata yang Digunakan Penembak Kantor MUI

Ini Jenis Senjata yang Digunakan Penembak Kantor MUI
Anggota Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri Kombes Pol Ari Kurniawanjati (kedua dari kanan) saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/5/2023) ANTARA/Ilham Kausar

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri mengidentifikasi senjata yang digunakan Mustopa (60), pelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Selasa (2/5).

Anggota Tim Puslabfor Polri Kombes Pol Ari Kurniawanjati mengatakan pelaku menggunakan senjata angin bertekanan tinggi atau air gun.

"Untuk senjata yang digunakan dari pemeriksaan itu adalah jenis air gun. Pistol model Glock 17 dengan kaliber enam mm," Kombes Ari saat konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan senjata itu pelurunya didorong menggunakan gas karbon dioksida (CO2).

Ari menjelaskan senjata tersebut sampai saat ini secara regulasi tidak diizinkan untuk dipergunakan karena sangat berbahaya apabila beredar bebas.

"Apabila dimodifikasi sedikit saja, senjata ini kekuatannya bisa melebihi senjata api (senpi) kaliber 22 yang bisa mematikan," ucapnya.

Ari menyampaikan berdasarkan fakta senjata tersebut memang sudah disiapkan sebelumnya dari luar kantor.

"Karena dari CCTV juga, setiap penggunaan air gun ini, saat dimasukkan tabung dalam senjata harus dibuka dulu kunci L, itu tidak dilakukan jari langsung menembak," jelasnya.

Puslabfor Polri mengidentifikasi senjata yang digunakan Mustopa (60), pelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Selasa (2/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News