Ini Jurus Wakatobi demi Datangkan 500 ribu Wisman

Ini Jurus Wakatobi demi Datangkan 500 ribu Wisman
Wakatobi. Foto: dok.Jawapos

jpnn.com, WAKATOBI - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan Wakatobi di Sulawesi Tenggara akan punya atraksi berkelas internasional pada 2019 mendatang. Hal itu sebagai upaya agar pada 2019 ada 500 ribu wisatawan mancanegara berkunjung ke kabupaten pemilik taman laut dengan keindahan luar biasa itu.

Hal itu terungkap dari laporan mingguan person in charge (PIC) Wakatobi Pokja 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Ari Surhendro. “Sebagai satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas, paling lambat tahun 2019 Wakatobi sudah mempunyai atraksi berkelas internasional. Atraksi meliputi DTW (daya tarik wisata, red) alam, DTW budaya dan DTW buatan,” ujar Ari.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Wakatobi juga memiliki program untuk menjaring sebanyak-banyaknya wisman. Antara lain melalui pola IFA atau imagine – focus – action dan start from the end.

Pada 26-28 Maret 2917, Wakatobi menggelar Festival Pulau Tukang Besi di Pulau Binongko. Festival itu merupakan rangkaian kegiatan CoE Wakatobi 2017.

Sedangkan pada 27-29 Maret 2017 ada pelatihan pengelolaan usaha travel and tour. “Pesertanya utusan dari semua tour operator, agen perjalanan dan dive operator di Wakatobi,” sebut Ari.

Khusus untuk pengembangan aksesibilitas, memang ada jalur laut dan udara. Namun, salah satu prioritas saat ini adalah pengembangan bandara internasional. “Paling lambat tahun 2019 Wakatobi sudah mempunyai bandara internasional,” sambung Ari.

Karenanya, Kemenpar dalam Rakornas Pariwisata I Tahun 2017 di Jakarta pada 30-31 Maret 2017 juga menggelar workshop bertopik Peningkatan Konektivitas di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Workshop-1 untuk udara, Workshop-2 untuk darat, sedangkan Workshop-3 untuk laut.

“Ini sangat cocok dengan critical issue di Wakatobi,” katanya.

Sementara untuk amenitas, Wakatobi ditargetkan pada 2019 sudah memiliki international chain hotel. Di samping itu, amenitas lain yang dikebut di Wakatobi adalah prasarana umum seperti listrik, air, pengolahan limbah, telekomunikasi, hingga perbankan, rumah sakit, polisi pariwisata, toilet, parkir, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). “Di Wakatobi ada tiga SPBU,” sebutnya.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan Wakatobi di Sulawesi Tenggara akan punya atraksi berkelas internasional pada 2019 mendatang. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News