Ini Kata KNKT soal Kecelakaan Bus Pariwisata di Bantul yang Menewaskan 13 Orang

Ini Kata KNKT soal Kecelakaan Bus Pariwisata di Bantul yang Menewaskan 13 Orang
Kantor PO GA Trans di Jalan Raya Solo-Purwodadi KM 6, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com, SOLO - Penyebab insiden kecelakaan bus pariwisata PO GA Trans di Bukit Bego, Bantul, Yogyakarta, yang menewaskan 13 penumpangnya pada Minggu (6/2) masih dalam penyelidikan petugas.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) selama dua hari ini melakukan investigasi kecelakaan bus pariwisata di Bantul.

"Ada beberapa hal yang kami lakukan, saya coba ikuti rute yang dilakukan mulai tebing Breksi, Heha Skyview, hingga Bukit Bego. Jalan itu memang kurang aman untuk dilalui bus besar, baik lebar maupun elemen vertikalnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Subkomite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT Ahmad Wildan di Solo, Selasa.

Terkait dengan hal itu, pihaknya akan mendiskusikan dengan pihak Bina Marga Provinsi DIY dan Dinas Perhubungan Yogyakarta.

"Apa yang sebaiknya dilakukan dengan destinasi wisata di sepanjang jalan ini. Di sini kami belum menyimpulkan apa pun. Namun, ada beberapa temuan di lapangan," katanya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pemeriksaan pada kendaraan yang mengalami kecelakaan tersebut.

"Yang pertama kami periksa sistem rank, sambungan, air house, tabung angin tidak ada masalah, tidak ada kebocoran, semua sistem bekerja dengan baik. Secara fungsional (kendaraan tersebut) bisa mengerem, kami periksa roda semua juga dalam kondisi bagus, alurnya memenuhi syarat, termasuk gap kampas dengan tromol dan ambang batas masih normal," katanya.

Pada kasus tersebut, menurut dia, terjadi masalah kegagalan pengereman. Menurut keterangan yang diperoleh dari saksi, pembantu pengemudi, dikatakan bahwa pengemudi gunakan gigi tiga pada saat jalan turun.

Bus pariwisata PO GA Trans alami kecelakaan di Bukit Bego, Bantul, Yogyakarta, dan menewaskan 13 penumpangnya pada Minggu (6/2) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News