Ini Kata KSAU Saat Tahu Pilot F16 yang Celaka Muridnya Sendiri

Ini Kata KSAU Saat Tahu Pilot F16 yang Celaka Muridnya Sendiri
KSAU Agus Supriatna. FOTO: Natalia/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - KSAU Marsekal Agus Supriatna tetap mengapresiasi langkah Pilot F16 Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono yang berusaha mengendalikan kerusakan pada pesawat buatan Amerika itu di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/4).

Agus mengaku Firman adalah pilot kedua terbaik dan merupakan salah satu anggota didikannya. "Penerbang Firman ini, murid saya. Waktu itu saya komandan skuadron. Dia penerbang kedua terbaik," ujar Agus dalam jumpa pers di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta, Kamis.

Dalam aksinya itu, Agus bersyukur Firman masih bisa bertindak cepat keluar dari pesawat itu sebelum api kian membesar. Akibat peristiwa itu, Firman mengalami luka bakar di tangan dan pundak.

"Tadi saya lihat sendiri di rumah sakit. Alhamdulillah penanganan dokter yang cepat, pilot tersebut sudah diobati. Luka bakar 11 persen. Tapi sekarang dia udah bisa jalan,"

Menurut Agus, Firman bersama rekannya masing-masing membawa empat pesawat F16 buatan Amerika pukul 08:00 pagi tadi.

Empat pesawat F-16 Fighting Falcon  dipiloti Mayor Pnb Nur Alimi dengan jenis pesawat tail number 1606. Berikutnya pesawat tail number 1608 dikendarai oleh Mayor Pnb Andri. Disusul pesawat tail number 1606 oleh Kapten Pnb Anugerah gigih. Terakhir pesawat dengan tail number 1643 dikemudikan oleh Letkol pnb Firman Dwi Cahyono.

"Pesawat pertama, kedua, ketiga secara mulus melaksanakan take off. Namun, saat pesawat keempat akan melakukan take off pada pukul 08:10 terlihat percikan api dari badan pesawat. Pilot kemudian mematikan mesin pesawat. Hingga saat ini penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan," tandas Agus. (flo/jpnn)


JAKARTA - KSAU Marsekal Agus Supriatna tetap mengapresiasi langkah Pilot F16 Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono yang berusaha mengendalikan kerusakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News