Ini Kata Menpora soal Prestasi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ini Kata Menpora soal Prestasi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020
Menpora Zainudin Amali. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pencapaian satu emas, satu perak dan tiga perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 merupakan peningkatan dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016, meski secara peringkat Indonesia harus puas di urutan ke-55 atau meleset dari target 40 Besar.

Menpora mengapresiasi perjuangan Kontingen Indonesia yang telah memberikan penampilan terbaik, dan menegaskan pencapaian Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 lebih baik jika dibandingkan dengan pencapaian di Olimpiade Rio 2016.

Pada gelaran Olimpiade sebelumnya, Indonesia membawa pulang tiga medali dengan rincian satu emas dan dua perak.

Hasil tersebut membuat Indonesia finis di urutan ke-46 dalam klasemen perolehan medali.

Menurut dia, dari segi peringkat mengalami penurunan, tetapi hal tersebut bukan suatu kemunduran bagi prestasi olahraga Indonesia.

"Apakah melorot? Saya kira tidak. Karena kalau menggunakan ukuran medali, malah bertambah. Kalau menghitung ranking, harus menyesuaikan. Ini menjadi catatan NOC Indonesia dan internal kami," kata Zainudin dalam konferensi pers virtual, Senin.

Dia mengatakan Indonesia memetik pelajaran berharga dari Olimpiade Tokyo 2020.

Menpora juga mengungkapkan olahraga itu dinamis, sehingga perkiraan dan analisis yang ditetapkan di awal bisa saja berubah dan berbeda dengan kenyataan.

Menpora Zainudin Amali mengatakan Indonesia memetik pelajaran berharga dari Olimpiade Tokyo 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News