Ini Kata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat soal Pilot Susi Air, Ternyata

Ini Kata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat soal Pilot Susi Air, Ternyata
Sebelum dilaporkan terbakar, pesawat Susi Air terekam telah mendarat dengan selamat di Nduga, Papua, Selasa (07/02). (Romeo Gacad: AFP)

Pesawat milik Susi Air yang mendarat di Nduga, Papua, Selasa kemarin terbakar. 

Sebelum dilaporkan terbakar, pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 sebelumnya dilaporkan hilang usai mendarat pada pukul 06.17 WIT di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pesawat dengan lima penumpang tersebut lepas landas dari Bandara Mozes Kilangin Kabupaten Mimika.

Siapa yang membakar pesawat itu?

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) melalui pernyataan tertulisnya mengklaim bertanggung jawab atas pembakaran tersebut karena kecewa pada pemerintahan lokal di Kabupaten Nduga.

Mereka juga mengaku telah menyandera pilot pesawat.

"Pasukan TPNPB berhasil membakarnya ... dan pilotnya kami tahan dan dia menjadi sandera kami, dan penyanderaan ini merupakan kedua kalinya yang kami lakukan, yang pertama dilakukan Tim Lorenz pada tahun 1996 di Mapnduma," tulis Egianus Kogoya dari TPNPB. 

"Untuk itu, anggota TNI polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarangan, karena yang melakukan [pembakaran dan penyanderaan] adalah kami TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah Pimpinan Egianus Kogoya."

Mengapa TPNPB OPM melakukannya?

Dalam pernyataan yang diterima ABC Indonesia, pembakaran tersebut dilakukan karena kekecewaan TPNBP OPM pada pemerintahan lokal Kabupaten Nduga.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) mengklaim telah membakar pesawat milik Susi Air dan menyandera pilotnya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News