Ini Kebakaran Hutan Terbesar di Amerika, Kota Las Vegas dalam Bahaya

Ini Kebakaran Hutan Terbesar di Amerika, Kota Las Vegas dalam Bahaya
Kebakaran Calf Canyon melanda kawasan selatan pegunungan Mora, New Mexico, AS, 25 April 2022. (ANTARA/Reuters/Andrew Hay/as)

jpnn.com, NEW MEXICO - Kebakaran hutan dahsyat di New Mexico, Amerika Serikat, belum berhasil diikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran, Jumat (29/4) waktu setempat.

Api kebakaran hutan yang disebut terbesar di AS itu tengah menjalar ke kawasan hutan dekat dengan desa-desa pegunungan.

Bencana itu menjadi kebakaran hutan paling merusak di wilayah Barat Daya AS karena menjalar lebih luas dan membakar lebih dini tahun ini daripada biasanya karena perubahan iklim, kata para ilmuwan.

Ribuan orang di lembah Mora, sekitar 40 mil timur laut dari Santa Fe, bersiap untuk mengungsi ketika asap terlihat dari hutan di sekitar kawasan pertanian Ledoux.

Angin kencang meniup bara api sejauh lebih dari 1 mil (1,6 km) dan membuat kebakaran hutan terus meluas.

Sejak 6 April, api telah melalap sekitar 30.351 hektare kawasan hutan Pegunungan Sangre de Cristo, menghancurkan ratusan rumah dan bangunan.

"Terlihat sangat mengerikan di sana," kata komandan insiden Carl Schwope dalam jumpa pers. "Dengan kecepatan seperti itu, sangat sulit bagi kami mengendalikan api."

Angin diperkirakan berembus dari selatan pada Sabtu, mendorong kobaran api ke arah desa-desa seperti Mora, juga kota Las Vegas yang dihuni 14.000 jiwa, kata pejabat dinas kebakaran.

Kebakaran hutan di New Mexico, Amerika Serikat, makin menggila. Petugas pemadam kebakaran pun angkat tangan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News