Ini Kiat Memenuhi Kebutuhan Lemak Harian

Ini Kiat Memenuhi Kebutuhan Lemak Harian
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Lemak identik dengan penyakit jantung dan stroke. Wajar saja, karena lemak yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang berakibat pada dua penyakit mematikan tersebut.

Kiat memenuhi kebutuhan lemak harian

Sebanyak apa lemak yang harus dikonsumsi setiap hari agar terhindar dari bahaya kekurangan lemak?

Pada orang dengan berat badan ideal dan kondisi tubuh sehat, proporsi lemak yang disarankan dalam satu hari adalah antara 20 hingga 25 persen dari total kalori harian.

Jumlah ini bisa berubah, karena dipengaruhi oleh usia, kondisi kesehatan, serta jumlah lemak total dalam tubuh.

Selain hal tersebut, komposisi dan jenis lemak yang dikonsumsi juga wajib diperhatikan. Lemak tidak jenuh ganda maupun tunggal, lebih baik ditingkatkan konsumsinya.

Bagaimana dengan lemak jenuh dan trans? Jenis lemak tersebut harus benar-benar dibatasi. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi sumber lemak jenuh dan trans lebih dari 10 persen dari total asupan lemak harian.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa lemak tidak selamanya membawa dampak buruk bagi kesehatan. Maka itu, konsumsilah lemak dalam jumlah seimbang setiap hari.

Lemak yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang berakibat pada dua penyakit mematikan tersebut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News