Ini Koleksi Bersejarah Museum Bahari Korban Amukan Api

Ini Koleksi Bersejarah Museum Bahari Korban Amukan Api
Petugas pemadam kebakaran tengah menyisir Museum Bahari di Jakarta Utara, Selasa (16/1) yang terbakar. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan benda bersejarah koleksi Museum Bahari, Jakarta Utara ludes. Setidaknya ada 64 item koleksi museum yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta itu hangus akibat kebakaran, Selasa (16/1). 

"Jumlah koleksi yang terbakar kemarin terhitung ada 64 koleksi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiarta di Balai Kota DKI, Rabu (17/1).

Benda bersejarah yang terbakar antara lain miniatur perahu berukuran sekitar 30 sentimeter. Selain itu, ada replika perahu nelayan berukuran normal.

Sejumlah maket dan alat-alat navigasi laut juga terbakar. "Yang jelas kita sudah kehilangan benda cagar budaya bangunan bersejarah dan itu merupakan suatu keprihatinan kita semua," kata dia. 

Selain koleksi miniatur, sejumlah lukisan yang tengah dimaperkan juga hangus dilalap si jago merah. Sebelum insiden kebakaran, kata Tinia, Museum Bahari tengah menggelar pameran sejarah. 

"Jadi ada pameran yang menceritakan peperangan laut di Jawa antara sekutu dengan Jepang," ucap Tinia. 

Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI terus menginventarisasi benda bersejarah yang hangus terbakar maupun yang rusak. Semua benda yang dikumpulkan akan dilihat apakah masih bisa diselamatkan atau dibuatkan replikanya. 

"Kami inventarisasi berapa kerugiannya secara ekonomi," kata dia.(tan/jpnn) 


Setidaknya 64 item koleksi Museum Bahari di Jakarta Utara ludes akibat kebakaran yang terjadi Selasa (16/1). Kini, Pemprov DKI masih melakukan inventarisasi.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News