Ini Langkah KKP Berantas Enceng Gondok di Waduk Cirata

Ini Langkah KKP Berantas Enceng Gondok di Waduk Cirata
Ini Langkah KKP Berantas Enceng Gondok di Waduk Cirata

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng komponen masyarakat dan asosiasi untuk memberantas enceng gondok di waduk Cirata, Jawa Barat. Pasalnya, jumlah enceng gondok di Cirata terlampau banyak sehingga harus segera ditangani. 

"Tanaman enceng gondok yang ada di waduk Cirata ini sudah dalam tahap yang cukup mengkawatirkan," ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam siaran persnya, Minggu (7/6).

KKP bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Bandung Barat dan Provinsi Jawa Barat melakukan penebaran benih ikan. Agenda itu juga melibatkan Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) dan Masyarakat Peduli Cirata (MPC).

Benih ikan itu di antaranya ialah grasscarp yang menjadi 1.300 kg, bandeng (104 ribu), serta tawes (28 ribu). "Ini juga untuk memperkaya lingkungan perairan dengan ikan-ikan lokal di perairan tersebut,” papar Slamet.

Saat ini, KKP telah menemukan salah satu cara untuk memanfaatkan enceng gondok. Yakni, sebagai salah satu bahan baku pakan pengganti. "Kandungan protein tepung enceng gondok sekitar 12 persen mampu menggantikan dedak," tegas Slamet. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng komponen masyarakat dan asosiasi untuk memberantas enceng gondok di waduk Cirata,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News