Ini Laporan Hasil Reses Pertama DPRD DKI

Ini Laporan Hasil Reses Pertama DPRD DKI
Ini Laporan Hasil Reses Pertama DPRD DKI

jpnn.com - JAKARTA - DPRD DKI Jakarta menyampaikan laporan pelaksanaan reses ‎pertama Tahun Anggaran 2015 dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (29/5). Rapat tersebut juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Yani mengatakan, ‎reses dilaksanakan pada 11-19 Mei 2015. Dalam masa reses, anggota DPRD DKI secara perseorangan atau kelompok mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat.

Yani menyatakan, laporan pelaksanaan reses yang disampaikan dalam rapat paripurna merupakan kompilasi dari kegiatan reses pertama anggota DPRD di tahun 2015 yang akan disampaikan kepada pimpinan DPRD.

"Laporan reses ini disampaikan sebagai masukan dalam penyusunan RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) DKI Jakarta. Adapun inventarisasi terhadap hasil laporan reses pertama DPRD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2015 ini disusun menurut wilayah serta pembidangannya," kata Yani saat membacakan laporan dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (29/5).

Dalam bidang pemerintahan, sambung Yani, salah satu hal yang diperhatikan adalah pelaksanaan‎ musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang). Dia mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan di wilayah sudah cukup bagus untuk menampung aspirasi masyarakat.

Namun, Yani menuturkan, cukup banyak aspirasi yang tidak terakomodir dalam program kegiatan yang tercantum pada APBD. "Untuk itu ke depan agar lebih diperhatikan serta bila dimungkinkan adanya penjelasan terkait hal ini," ucap Yani.

Yani menambahkan, pelayanan untuk mengurus ‎surat-surat kependudukan, seperti e-KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, baik yang baru membuat maupun memperpanjang agar dipermudah dan tidak ada pungutan biaya. "Untuk menjangkau pelayanan di tengah-tengah masyarakat agar kendaraan keliling dapat difungsikan secara maksimal," ujar Yani.

Dalam bidang perekonomian, Yani ‎menjelaskan, banyak usaha kecil menengah ke bawah yang perlu mendapatkan pembinaan dan pengarahan sekaligus dibantu untuk memperoleh modal usaha melalui Bank DKI. Selain itu, di beberapa wilayah masih terdapat pedagang kaki lima yang berjualan menempati trotoar.

JAKARTA - DPRD DKI Jakarta menyampaikan laporan pelaksanaan reses ‎pertama Tahun Anggaran 2015 dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News