Ini Lho Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini Lho Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan
ILUSTRASI. FOTO: laman Sheknows

jpnn.com - Kunyit termasuk dalam tanaman rempah-rempah yang masih satu keluarga dekat dengan jahe(rhizomatous). Keduanya dimanfaatkan rimpangnya untuk berbagai keperluan, termasuk pengobatan alami.

Kunyit ada dalam keadaan segar utuh yang dijual di pasar serta dalam bentuk bubuk kunyit di toko bahan makanan atau kue. Kunyit memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas, serta bau yang tajam karena adanya zat yang disebut curcumin.

Senyawa kurkumin ini adalah yang menyebabkan warna kuning oranye pada kunyit dan yang paling diyakini paling berkhasiat bagi kesehatan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kurkumin dari kunyit juga dipercaya baik untuk digunakan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah.

Homeopati yang terkandung dalam kunyit bisa digunakan sebagai perawatan rambut alami, bahkan bisa digunakan sebagai pewarna rambut untuk meringankan dan mencerahkan rambut Anda. Pewarna alami ini adalah bahan yang sering dalam industri tekstil, cat dan pewarna lain juga.

Salah satu perkembangan yang paling menarik dari penelitian tentang kunyit adalah pengobatan kanker usus besar dengan kurkumin (diferuloylmethane), yang merupakan bahan aktif dalam kunyit.

Kunyit benar-benar menghambat pertumbuhan kanker dan proliferasi dengan menghambat protein sinyal dan memblokir promosi sel tumor.

Jadi apa yang membuat kunyit begitu berharga untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini adalah penjelasannya, seperti dilansir laman Sheknows, Kamis (4/8).

Kunyit termasuk dalam tanaman rempah-rempah yang masih satu keluarga dekat dengan jahe(rhizomatous). Keduanya dimanfaatkan rimpangnya untuk berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News