Mengintip Serunya Bermain Sambil Belajar di KidZania dan Mosh! Sentosa

Mengintip Serunya Bermain Sambil Belajar di KidZania dan Mosh! Sentosa
Wahana pemadam kebakaran di KidZania Sentosa. Foto: Andrian Gilang/jpnn

jpnn.com - SINGAPURA - Sentosa Island pasti menjadi tempat tujuan keluarga apabila berwisata ke Singapura. Kini, di sana terdapat dua atraksi baru yang menunjang bagi edukasi anak.

Pertama adalah KidZania. Salah satu KidZania terbesar di Asia Tenggara ini memiliki kurang lebih 60 aktivitas bermain peran.

Di KidZania, anak-anak berusia empat tahun ke atas bisa bermain peran sebagai sosok yang mereka cita-citakan, seperti dokter, pemadam kebakaran, dan pilot. “Ada cerita, Ceritanya disesuaikan dengan kondisi nyata,” kata Assistant Manager Gerald Kheng saat ditemui di KidZania Singapore, belum lama ini.

Saat bermain peran, anak-anak bisa mendapatkan gaji dalam bentuk KidZos (mata uang resmi KidZania), membayar barang dan jasa, dan mengelola kartu bank. Ketika akan bermain peran di KidZania, anak-anak akan mendapatkan 50 KidZos, yakni 20 dalam bentuk uang tunai dan 30 yang terdapat dalam kartu bank. “KidZos bisa dipakai di KidZania mana saja,” ucap Gerald.
 
Ketika anak-anak bermain peran, orang tua juga bisa terlibat. “Hanya anak-anak yang bisa masuk, ini untuk melatih kemandirian. Orang tua bisa terlibat bagaimana melihat anaknya bermain peran,” ujar Gerald.

Lewat peran yang dimainkan, anak-anak diharapkan bisa mengetahui mengenai rasa tanggung jawab, meningkatkan keterampilan komunikasi dan sosial, berkreativitas dan berpikir logis, serta melek keuangan.

KidZania Singapura memiliki perbedaan dengan KidZania lainnya. Tidak hanya dari jenis pekerjaan, tetapi juga ada sebuah pesawat berukuran penuh dari Boeing 737. “Itu menjadi tempat akademi penerbangan. Ada kabin kru. Anak menjadi pilot, sedangkan orang tua berperan sebagai penumpang,” kata Gerald.

Ditemui di KidZania Singapore, Director RMZ Associates Riandy Mazaid mengatakan, di pesawat tipe Boeing 737 itu, anak-anak diajarkan untuk menjadi pilot. Ini diajarkan melalui enam ruang yang dibuat mirip kokpit pesawat.

“Masing-masing ruang bisa untuk dua anak. Dimuat semirip mungkin, sehingga anak-anak tahu prosedur pilot menerbangkan pesawat,” ungkap Riandy.

SINGAPURA - Sentosa Island pasti menjadi tempat tujuan keluarga apabila berwisata ke Singapura. Kini, di sana terdapat dua atraksi baru yang menunjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News