Ini Lokasi Berdoa yang Diincar Jemaah Haji Indonesia

Ini Lokasi Berdoa yang Diincar Jemaah Haji Indonesia
Jemaah haji Indonesia. Foto: Radar Lampung/JPG

jpnn.com, MEKKAH - Ada beberapa tempat di mana Allah SWT dipercaya akan mengabulkan setiap doa umat Islam yang berdoa pada saat melaksanakan ibadah haji.

Di antaranya adalah Rhaudah (di Mesjid An Nabawi, Madinah), Mutazam (sisi Kabah yang berada antara Hajar Aswad dan Pintu Kabah, Mekah), dan Arafah (saat wukuf, Mekah). Terutama saat wukuf pada 9 Dzhulhijjah.

Tak heran, saat wukuf di Arafah, seluruh jemaah haji Indonesia memanfaatkan waktunya dengan berzikir, berdoa hingga bertobat memohon ampun atas segala dosa.

Wakil Ketum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) Muharom Ahmad mengungkapkan, 11 ribu jemaah haji khusus dari 86 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) telah melaksanakan wukuf diawali dengan salat Dzuhur bersama yang diimami H Baluki Ahmad, kemudian dilanjutkan khotbah wukuf oleh Ustaz Ahmad Lutfi.

Dalam khotbahnya, Ustaz Lutfi menyampaikan khotbah seperti yang pernah disampaikan Nabi Muhammad SAW pada saat beliau melaksanakan haji wada (perpisahan).

Di mana saat itu, Rasulullah menyampaikan amanat untuk umat Islam agar bertakwa dan menjaga amanat Allah SWT, dengan menjaga wanita yang atas nama Allah telah dinikahinya.

Selain itu, Rasulullah juga mengamanatkan, agar seluruh umat Islam untuk menjaga amanat-amanat yang telah menjadi kehormatan bagi setiap muslim.

“Demikian juga untuk menjalankan seluruh Rukun Islam yang telah ditegaskan dan diyakinkan bahwa setelah Rasulullah berhaji, dipastikan tidak ada lagi nabi setelah beliau. Maka Rasulullah adalah nabi terakhir,” papar Muharom dalam pesan tertulisnya, Sabtu (2/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News