Ini Membuktikan Iktikad Baik Pertamina

Ini Membuktikan Iktikad Baik Pertamina
Petugas membantu mengangkut barang rumah tangga milik warga terdampak tumpahan minyak mentah di Desa Cemarajaya, Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/9). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/ama.

jpnn.com, KARAWANG - PT Pertamina (Persero) dinilai telah bertanggung jawab terhadap warga terdampak banjir rob di Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menuturkan relokasi warga merupakan upaya positif Pertamina, apalagi BUMN tersebut juga turun langsung ke lapangan.

“Upaya relokasi membuktikan bahwa pertanggungjawaban sosial Pertamina berjalan baik. Terlebih, warga juga dipindahkan ke rumah yang layak dengan fasilitas bagus. Saya sangat mendukung,” kata Mamit.

Begitu juga dengan turun langsungnya Pertamina ke lapangan, termasuk saat membantu pemindahan, menurut dia, sebagai hal yang sangat baik.

"Melalui pendekatan seperti itu, Pertamina bisa berkomunikasi dan berinteraksi lebih erat, termasuk menerima berbagai keluhan warga. Dengan pendekatan seperti ini masyarakat semakin percaya kepada Pertamina," katanya.

Sementara itu Kepala Desa Cemara Jaya Yong Liem Supardi mengatakan, Pertamina tidak hanya merelokasi ke tempat yang sangat layak dan aman, namun juga memperhatikan kondisi kesehatan warga.

“Pertamina juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang direlokasi. Warga bisa mendatangi Posko Kesehatan Pertamina, namun petugas kesehatan Pertamina juga rutin mengunjungi kediaman warga di relokasi,” katanya.

Menurut dia, kediaman relokasi juga sangat layak, bersih, dan sehat. sehingga warga merasa kondisi mereka sangat diperhatikan. Pemindahan warga, lanjutnya, dilakukan ke desa tetangga yang aman, yaitu Desa Cibuaya, yang mana sekitar 20 kepala keluarga desa Cemara Jaya direlokasi Pertamina.

Relokasi warga merupakan upaya positif Pertamina, apalagi BUMN tersebut juga turun langsung ke lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News