Ini Nasehat Politisi Golkar ke Kubu PDIP

Ini Nasehat Politisi Golkar ke Kubu PDIP
Ini Nasehat Politisi Golkar ke Kubu PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Politisi Partai Golkar, Hajriyanto Y Tohari mengatakan, serangkaian kegagalan PDIP bersama Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di DPR karena munculnya rasa percaya diri yang berlebihan sejak pemilu dilaksanakan. Akibatnya menurut Hajri, pendukung Jokowi kerap salah langkah.

"Sejak awal, berbagai langkah PDIP dan koalisinya di DPR terlalu confident. Mereka jadinya seperti menciptakan sebuah labirin sendiri, dimana pada akhirnya mereka tidak bisa menemukan jalan keluarnya sehingga membuat PDIP selalu kalah melawan Koalisi Merah Putih (KMP)," kata Hajriyanto saat dihubungi wartawan, Senin (6/10).

Kepercayaan diri yang terlalu tinggi lanjutnya, bisa dilihat dari berbagai pernyataan PDIP yang selalu mengecilkan para pihak yang tidak sejalan dengan mereka dan selalu menuduh orang yang tidak sejalan dengan keinginan PDIP sebagai pihak yang tidak pro-rakyat dan tidak pro-demokrasi.

Contohnya menurut mantan Wakil Ketua MPR itu terkait dengan kisruh UU Pilkada.

"Mereka menuduh KMP mengkhianati rakyat karena menginginkan pilkada lewat DPRD. Mereka menolak alasan KMP bahwa pemilihan lewat DPRD adalah bentuk implementasi dari sila keempat Pancasila. Saat ini, ketika tahu dan mengalami kekalahan demi kekalahan, pada pemilihan pimpinan MPR, mereka meminta agar tidak dilakukan secara voting tapi melalui musyawarat mufakat seperti bunyi sila keempat Pancasila," ujarnya.

Komunikasi yang seharusnya dilakukan oleh partai politik terhadap partai politik lainnya, menurut Hajri pun tidak berjalan. Komunikasi politik yang dilakukan KIH sangat terbatas dan itupun dilakukan secara parsial sehingga dampaknya KMP justru semakin solid.

"Komunikasi politik yang dilakukan KIH yang sangat terbatas dan itupun dilakukan secara parsial. Mestinya ajak berbicara semua anggota KMP," sarannya.

Bersamaan dengan itu, Hajri juga menilai cara Jokowi berpolitik justru menciptakan perpecahan di tubuh koalisi pendukungnya.

JAKARTA - Politisi Partai Golkar, Hajriyanto Y Tohari mengatakan, serangkaian kegagalan PDIP bersama Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di DPR karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News