Ini Pekerjaan Besar Era Jokowi Setelah Infrastruktur

Ini Pekerjaan Besar Era Jokowi Setelah Infrastruktur
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa mulai tahun ini pemerintahannya akan fokus membangun sumber daya manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Jokowi ketika membuka rapat terbatas Kabinet Kerja membahas peningkatan SDM Indonesia, di Kantor Presiden, Jakarta, pada Kamis (15/3).

"Setelah pekerjaan besar yaitu infrastruktur telah kita jalankan selama kurang lebih tiga setengah tahun ini, kita akan bergeser pada pekerjaan besar yang kedua yaitu investasi di bidang sumber daya manusia," ucap Jokowi.

Dia menilai peningkatan kualitas SDM sangat menentukan dalam berkompetisi dengan negara-negara lain. Karena itu dia menginginkan pendidikan dimulai dari tingkat usia dini (PAUD) diarahkan pada pembentukan karakter anak.

Selain itu, perlunya peningkatan dan penguatan akses dan kualitas pendidikan karakter di sekolah dasar maupun menengah.

Berikutnya adalah pentingnya menyelaraskan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, baik di SMK maupun politeknik.

"Kita ingin dalam investasi besar yang kedua nantinya, ini semuanya bergerak bersama-sama baik di Kementerian Dikti, Kemendikbud, maupun Kemenag," kata Presiden Ketujuh RI.

Terakhir, Jokowi menyampaikan bahwa dia telah menantang perbankan nasional segera mengeluarkan produk berupa fasilitas kredit pendidikan alias student loan yang sudah sukses di Amerika Serikat (AS).

Presiden Joko Widodo ingin meningkatkan investasi di bidang sumber daya manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News