Ini Penjelasan Fikri Bareno Soal Gerakan Salat Salah dan Viral

Ini Penjelasan Fikri Bareno Soal Gerakan Salat Salah dan Viral
Insiden gerakan salat salah di Aksi Bela Islam di depan Kantor Kementerian Agama. Jumat (4/3/2022) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Buya Fikri Bareno, salah satu korlap aksi Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Kemenag pada Jumat (4/3) lalu buka suara soal gerakan salatnya yang salah.

Hal itu dia sampaikan kepada Plt Waketum PA 212 Novel Bamukmin.

“Saya kesulitan mendengar suara imam, yang kemudian terjadi kesalahan pada salatnya,” ujar Fikri sebagaimana disampaikan Novel, Minggu (6/3).

Fikri pun menyadari akan kesalahan dalam gerakan salat itu, sehingga dia tampak melakukan rukuk sebanyak dua kali.

“Namun, pada akhirnya saya membatalkan salat saya karena meyakini tidak sempurna dan memang memenuhi syarat untuk dibatalkan,” kata Fikri.

Dia yang disebut sebagai salah satu pengurus di Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu bahkan sudah mengulangi salat yang tidak sah itu.

”Saya kemudian melakukan salat ulang di masjid, usai aksi,” kata Fikri.

Fikri merupakan korlap aksi terkait pernyataan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menganalogikan pengeras suara masjid dengan gonggongan anjing.

Fikri Bareno mengklarifikasi kesalahan dalam gerakan salatnya saat di lokasi aksi PA 212, Jumat (4/3) lalu. Dia juga mengaku telah mengulangi salatnya itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News