Ini Penyebab Batam Terseok Hadapi MEA

Ini Penyebab Batam Terseok Hadapi MEA
Wali Kota Batam Ahmad Dahlan. Foto. dokumen JPNN.com

jpnn.com - BATAM - Pemberlakuan era perdagangan bebas antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara (Asean) atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan dimulai pada 31 Desember nanti. 

Namun, Batam yang merupakan pintu masuk utama lantaran paling depan berhadapan dengan negara tetangga, malah dinilai belum siap menghadapi era keterbukaan itu. 

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan sendiri tak menampik masih minimnya kesiapan Batam menghadapi MEA ini. Khususnya, terkait kesiapan insfrastruktur pelabuhan.

"Dua kali kita gagal membangun pelabuhan atau container port (peti kemas) skala besar di Batam, padahal ini penting untuk menunjang pengembangan Batam sebagai transhipment (alih dan bongkar muat kapal)," kata Dahlan seperti dikutip dari batampos.co.id (Group JPNN), Rabu (2/12).

Padahal, kata wali kota, pelabuhan itu penting demi menunjang kemudahan bongkar muat barang sekaligus memangkas waktu tunggu yang lama di pelabuhan.

Sehingga, arus barang yang keluar masuk wilayah ini kian mudah. Termasuk barang-barang dari dan ke luar negeri saat pemberlakuan MEA yang tinggal menghitung hari tersebut.

"Harapannya, Batam itu nanti saat MEA bukan sebagai objek serbuan barang impor, tapi kita ingin mengeskpor," ujar dia.

Sayangnya, Dahlan mengaku belum mendapat arahan resmi dari pemerintah pusat terkait akan segera dimulainya MEA ini.

BATAM - Pemberlakuan era perdagangan bebas antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara (Asean) atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan dimulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News