Ini Penyebab Kekacauan UN Hasil Investigasi Itjen

Ini Penyebab Kekacauan UN Hasil Investigasi Itjen
Mendikbud M Nuh Saat Memaparkan Hasil Investigasi Penyebab Kekacauan Ujian Nasional 2013. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN
JAKARTA - Setelah ditahan hampir tiga minggu, akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh membuka ke publik penyebab kekacauan Ujian Nasional (UN) SMA sederajat tahun 2013 hasil investigasi Inspektorat Jenderal Kemdikbud.

Menurut Nuh, ada empat hal yang menyebabkan tertundanya pelaksanaan UN di 11 provinsi di Indonesia Tengah bulan April lalu. Penyebab pertama berkaitan dengan DIPA Kemdikbud di Kemenkeu.

"Belum turunnya anggaran untuk penyelenggaraan UN karena DIPA Balitbang baru dapat digunakan 13 maret 2013, sehingga tanda tangan kontrak baru dilakukan 15 Maret," kata M Nuh dalam konferensi pers di Kemdikbud, senin (13/5).

Selanjutnya, kata Nuh, memang ada kelemahan manajerial di kemdikbud sendiri. Kemudian kelemahan manajerial di percetakan dan Kelemahan tim pengawas di percetakan.

JAKARTA - Setelah ditahan hampir tiga minggu, akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh membuka ke publik penyebab kekacauan Ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News