Ini Peran Bea Cukai di Balik WSBK 2022 Mandalika, Silakan Disimak

Ini Peran Bea Cukai di Balik WSBK 2022 Mandalika, Silakan Disimak
Bea Cukai turut mengambil peran penting dalam laga World Superbike (WSBK) 2022 di sirkuit Internasional Mandalika yang berlangsung pada akhir pekan ini. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Bea Cukai turut mengambil peran penting dalam laga World Superbike (WSBK) 2022 di sirkuit Internasional Mandalika yang berlangsung pada akhir pekan ini.

Pasalnya, sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut terletak dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

KEK Mandalika merupakan salah satu proyek pemerintah untuk menggenjot potensi pariwisata Indonesia yang telah ditetapkan sejak 2014 melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2014.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan WSBK 2022 Mandalika mendapatkan berbagai insentif fiskal karena termasuk event internasional yang diselenggarakan di KEK.

"Bea Cukai memberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI) untuk barang modal keperluan pembangunan infrastruktur dan event, seperti oli, bahan bakar, motor, mesin, dan ban," kata dia.

Selain itu, Bea Cukai juga memberikan kemudahan prosedural kepabeanan, seperti pemeriksaan fisik di luar kawasan pabean dan penerapan sistem aplikasi Pemberitahuan Pabean Kawasan Ekonomi Khusus (PPKEK), yang terintegrasi dengan sistem Indonesia National Single Window (INSW) untuk mendukung kelancaran dan kecepatan arus barang.

Hatta menambahkan dalam upaya menyambut dan mempersiapkan perhelatan ini, Bea Cukai turut hadir dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan WSBK 2022 dengan berbagai pihak terkait pada 5 Oktober 2022 lalu.

"Dalam rapat tersebut dibahas seluruh aspek penting yang dipelajari dari pelaksanaan event-event sebelumnya, seperti proses kepabeanan terhadap barang keperluan balapan, penanganan penonton, akses lalu lintas, keamanan, hingga pertunjukan budaya dan pameran UMKM," jelasnya.

Bea Cukai turut mengambil peran penting dalam laga World Superbike (WSBK) 2022 di sirkuit Internasional Mandalika yang berlangsung pada akhir pekan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News