Ini Peran Generasi Milenial di Pemerintahan Jokowi

Ini Peran Generasi Milenial di Pemerintahan Jokowi
Presiden Jokowi bersama tujuh orang staf khusus yang berasal dari kalangan milenial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal cukup dekat dengan generasi milenial. Sejak Pilpres 2014 sampai periode keduanya, Jokowi memang memberikan perhatian khusus pada generasi milenial. Salah satunya dengan menempatkan posisi staf khusus dari kalangan milenial.

Di periode kedua, Jokowi bahkan menempatkan tujuh kalangan milenial untuk posisi staf khusus. Pemberian ruang besar kepada generasi milenial ini dilakukan karena pada 2030 jumlah mereka mencapai 70 persen dari total penduduk Indonesia.

Hal itu terungkap dalam diskusi kekinian yang dinamakan #IndonesiaPodcastShow. Diskusi yang diselenggarakan oleh anak-anak muda pemilik radio online, pemudafm, ini mengambil tema ‘Pembangunan Indonesia Periode Kedua Jokowi di Mata Generasi Milenial’.

Tenaga Ahli KSP Rawanda W Tuturoong mengatakan, generasi milenial saat ini sedang melek politik karena dianggap menarik dan siginifikan. Generasi sekarang juga lebih kritis.

Ini Peran Generasi Milenial di Pemerintahan Jokowi
Diskusi kekinian yang dinamakan #IndonesiaPodcastShow di Jakarta. Foto: Istimewa

“Generasi saat ini akan menjadi posisi sangat penting, dan saat ini waktu yang tepat untuk membangun sebuah visi dan misi bersama dengan generasi saat ini,” kata Rawanda dalam paparannya.

Rawanda juga mengajak kepada generasi milenial untuk bergabung bersama pemerintah, membangun dan melalukan perubahan demi kemajuan bangsa. “Di era digital sekarang tentu bisa sama-sama belajar dan memberikan gagasan, ide yang bagus. Kalau ada pilihan saya termasuk orang yang optimistis bahwa pembangunan Indonesia akan berjalan dengan dukungan dari generasi milenial,” tegasnya.

Senada dengan juru bicara PSI Mikhail Gorbachev. Ia mengaku optimistis generasi milenial akan membawa perubahan signifikan bagi kemajuan bangsa. Menurutnya, tahun 2019 ini secara populasi generasi milenial ini sangat besar.

Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus kepada generasi milenial dengan menempatkan mereka sebagai staf khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News