Ini Pernyataan Muhaimin Merespon Kenaikan Harga BBM

Ini Pernyataan Muhaimin Merespon Kenaikan Harga BBM
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa PKB harus mengkritisi perpindahan alokasi subsidi anggaran BBM kepada masyarakat miskin sebagaimana yang dijanjikan oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Perpindahan alokasi subsidi anggaran untuk BBM mengakibatkan harga BBM naik. PKB harus mengkritisi apakah benar-benar memberikan manfaat dan maslahat untuk rakyat atau tidak. Sebab, berpihak kepada rakyat itu tidak boleh setengah-setengah," kata Muhaimin Iskandar, di Senayan Jakarta, Selasa (18/11).

Menurut Muhaimin, meski PKB bagian dari pendukung pemerintah, tapi sikap kritis terhadap perpindahan alokasi anggaran tersebut harus tetap dilakukan.

"Sikap kritis PKB tersebut guna memastikan bahwa subsidi tersebut sampai kepada masyarakat miskin, petani dan nelayan. PKB harus all out dan total membela rakyat," tegasnya.

Salah satu cara yang akan dilakukan PKB untuk mengawal pengalihan subsidi tersebut lanjutnya, membangun sinergi dengan para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK. "Kalau program pemerintah tidak pro rakyat, saya sarankan anggota Fraksi PKB untuk tetap kritis," ujarnya.

Sebaliknya ujar Muhaimin, kalau program pemerintah Jokowi-JK pro-rakyat, PKB juga harus aktif mendukung langkah-langkah tersebut. "PKB tetap membuka ruang bagi anggota FPKB untuk mengkritik jika ada kebijakan pemerintah yang dinilai bertentangan dengan kepentingan rakyat, bangsa, dan negara," tegasnya.

Selain itu, Cak Imin sapaan akrab Muhaimin menambahkan, partainya juga akan mengawasi pendistribusian APBN agar tepat sasaran hingga masyarakat di level bawah benar-benar dapat manfaat dan menikmati dari kenaikan harga BBM itu.

"Semua alokasi anggaran untuk rakyat agar memiliki kegunaan dan kemaslahatan bagi masyarakat. Jangan biarkan salah arah dan terjadi kemubaziran subsidi dan anggaran," pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa PKB harus mengkritisi perpindahan alokasi subsidi anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News