Ini Program Beasiswa Kuliah yang Bisa Diikuti di Jakarta

Ini Program Beasiswa Kuliah yang Bisa Diikuti di Jakarta
Beasiswa kuliah di Jakarta. Foto: dok. ISTN

jpnn.com, JAKARTA - Biaya pendidikan yang mahal masih menjadi hambatan bagi banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah.

Hingga saat ini masih banyak lulusan SMA yang tidak dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi karena terhalang masalah biaya.

Namun jangan khawatir karena sebenarnya ada banyak beasiswa kuliah yang bisa dimanfaatkan.

Penasaran apa saja contoh beasiswa yang bisa kamu coba ikuti? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini.

1. LPDP

Program beasiswa ini dibiayai oleh pemerintah melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi Magister atau Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Pendaftaran beasiswa dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

2. Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi disebut sebagai bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Bantuan beasiswa Bidikmisi untuk program D3 diberikan selama 6 semester. Sementara untuk program beasiswa D4 dan S1 diberikan selama 8 semester.

Uang kuliah akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku serta tunjangan buku diberikan langsung pada mahasiswa tiap satu semester. Beasiswa Bidikmisi bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah ataupun baru diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Ada banyak beasiswa kuliah di Jakarta yang bisa dimanfaatkan bagi yang ingin melanjutkan kuliah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News