Ini Program Rizal Ramli

Ini Program Rizal Ramli
Rizal Ramli. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menko Maritim Rizal Ramli menyatakan, Hari Maritim tahun ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim yang kuat dan disegani dunia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh bangsa Indonesia bekerja keras dan sungguh-sungguh agar kejayaan tersebut bisa diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Dulu Indonesia dikenal sebagai bangsa bahari yang tangguh. Kerajaan Majapahit di Jawa dan Sriwijaya di Sumatera sangat ditakuti lawan dan disegani kawan karena memiliki angkatan laut yang kuat. Saya yakin, dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, Indonesia bisa  kembali mewujudkan kejayaan tersebut," kata Rizal Raml, kepada wartawan, Sabtu (22/8).

Menurut dia, kesadaran sebagai bangsa yang pernah jaya di bidang maritim bagi setiap warga negara  sangat penting. Ini akan jadi modal penting, terutama dikaitkan dengan cita-cita Presiden Jokowi tentang Poros Maritim. "Saya akan kerahkan semua potensi yang ada pada kementerian koordinator ini untuk mewujudkan cita-cita Presiden RI," tegasnya.

Karena itu, pihaknya menyiapkan beberapa program yang tengah menjadi perhatian utama di sektor maritim di antaranya meningkatkan efisiensi pelabuhan-pelabuhan yang ada. Hal ini dimaksudkan agar pelabuhan mampu memberi dukungan secara maksimal terhadap proses ekspor impor.

"Di bidang pariwisata, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, guna membenahi lokasi-lokasi tujuan wisata yang mengandalkan keindahan alam, khususnya pantai dan alam bawah laut," ujar Rizal Ramli.

Sejak hari-hari pertama bertugas, Rizal langsung memperkuat koordinasi. Antara lain, dia langsung menggandeng Menteri Perhubungan, Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Pariwisata. Ketiga kementerian ini memang berada di bawah koordinasinya.

"Kerja sama juga digalang dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Gubernur DKI Jakarta, dan sejumlah pimpinan lembaga negara lainnya," imbuh Rizal Ramli.(fas/jpnn)

JAKARTA - Menko Maritim Rizal Ramli menyatakan, Hari Maritim tahun ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News