Ini Risiko Memakai Helm Kebesaran

Ini Risiko Memakai Helm Kebesaran
Ilustrasi pentingnya memilih ukuran helm . Foto: Dedi Sofian/JPNN

jpnn.com - HELM sangat berperan penting bagi keselamatan pengguna sepeda motor. Pelindung ini berfungsi untuk melindungi pengguna dari benturan keras dan kecelakaan lalu lintas

Oleh sebab itu, memilih helm helm juga tidak boleh sembarangan. Misal, dalam ukuran harus benar-benar sesuai kepada pengguna, karena salah satu faktor penting yang memengaruhi tingkat keamanan dalam penggunaan helm adalah mengenai ukuran.

Melansir Visordown, Senin (112), sebuah survei yang sedang berlangsung telah menghasilkan beberapa hasil yang mengejutkan.

Setidaknya 20 persen responden mengklaim bahwa helm mereka terlepas saat tabrakan. Ini disebabkan oleh fakta bahwa 25 persen pengendara sepeda motor memiliki helm yang salah ukurannya, setengahnya memakai helm yang ukurannya terlalu besar.

Pengendara yang menggunakan helm tidak sesuai dengan bentuk kepalanya pun juga mengalami resiko kecelakaan.

Sebesar 25 persen responden survei menunjukkan bahwa mereka membeli helm secara online. Pengendara yang mencoba helm terlebih dahulu sebelum membeli hanya ada 3 persen.

Untuk itu, dalam upaya untuk mengurangi jumlah pengendara motor yang mengenakan helm tidak sesuai ukuran, organisasi penelitian memindai kepala pengendara motor, dan kemudian membandingkan dengan dummy yang digunakan untuk menguji helm.

Transport Research Laboratory (TRL) sedang melakukan penelitian tentang pemasangan helm. Sebelumnya penelitian ini telah dilakukan pada tahun 2014 untuk meningkatkan keselamatan pengendara jika terjadi kecelakaan.

Pengendara yang menggunakan helm tidak sesuai dengan bentuk kepalanya pun juga mengalami resiko kecelakaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News