Ini Salah Satu Solusi Efisiensi Industri Manufaktur di Indonesia

Ini Salah Satu Solusi Efisiensi Industri Manufaktur di Indonesia
Pengembangan Pelumas Berteknologi Tinggi, Salah Satu Solusi Efisiensi Industri Manufaktur di Indonesia. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyedia solusi pelumasan, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) menggelar talkshow Mobil Connect: Business Insights Exchange Supporting the Indonesia Manufacturing di pameran Manufacturing Expo 2023, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Forum ini mempertemukan ahli dan perwakilan industri dari berbagai latar keahlian untuk membahas kolaborasi yang mendukung efisiensi serta kemajuan manufaktur di Indonesia pada era industri 4.0.

Adapun di antaranya B2B Commercial Sales General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Lukman Hakim, Dadang Asikin selaku Chairman of Gabungan Asosiasi Perusahaan Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) dan Senior Analyst Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita.

Chairman GAMMA Dadang Asikin mengatakan, perlu ada perubahan mindset dan persiapan diri menghadapi tren yang mulai bergeser kepada era digitalisasi atau robotik pada industri 4.0.

Menurutnya, dukungan infrastruktur seperti internet, artificial intelligence  dan tenaga kerja yang terampil juga sangat diperlukan untuk mengatur kinerja dan efisiensi produksi di era ini.

"Kolaborasi penthahelix antara akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media diharapkan bisa mengembangkan ekosistem industri 4.0 yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi semua pihak," kata Dadang Asikin.

Dalam forum ini, para ahli juga berbicara tentang tantangan, tren, dan alternatif solusi sektor manufaktur dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi di Indonesia.

Tren efisiensi pada era ini juga rupanya mempengaruhi permintaan solusi pelumasan industri manufaktur di Indonesia.

Pengembangan pelumas berteknologi tinggi, salah satu solusi efisiensi industri manufaktur di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News