Ini Sapi Kurban Presiden Jokowi, Bobotnya...

Ini Sapi Kurban Presiden Jokowi, Bobotnya...
Sapi yang dibeli Presiden Jokowi untuk dijadikan hewan kurban di peternakan di Jalan Pangeran Ayin, kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sako, Kota Palembang. Foto: ANTARA/M Riezko Bima EP/21

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Iduladha 1442 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko kepada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal KH Asep Syaifuddin.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis limosin cross yang berasal dari Pancoran, Jakarta dan memiliki bobot 1.199 kilogram.

Selain di Masjid Istiqlal, Jokowi juga berkurban di banyak tempat.

"Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi (mendapat) satu ekor dan ada satu ekor untuk (Masjid) Istiqlal," kata dia dalam siaran pers yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, di Jakarta, Senin.

Sapi kurban Presiden tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

"Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah. Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk (menyediakan) sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat," kata Heru.

Iduladha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Presiden Joko Widodo sendiri diagendakan untuk melaksanakan shalat sunah Iduladha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (antara/jpnn)

Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban sapi berjenis limosin cross memiliki bobot 1.199 kilogram.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News