Ini Strategi Bulog Maksimalkan Serapan Gabah

Ini Strategi Bulog Maksimalkan Serapan Gabah
Bulog. Foto: Ist

jpnn.com - SURABAYA – Bulog Divre Jatim berupaya memaksimalkan penyerapan gabah pada semester kedua. Penyerapan perlu lebih diupayakan karena harga cenderung naik menjelang berakhirnya panen musim tanam kedua.

Saat ini serapan setara beras sudah mencapai 523 ribu ton di antara target 850 ribu ton atau sekitar 60 persen. Kepala Bulog Divre Jatim Witono menjelaskan, salah satu upayanya adalah membentuk tim sergap yang merupakan gabungan dari beberapa instansi.

Selain Bulog, ada TNI-AD, KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), dan dinas pertanian setempat. ’’Harapan kami pada akhir tahun bisa terpenuhi. Kendala penyerapan seperti harga yang sekarang mulai cenderung naik,’’ ujarnya kemarin (8/8).

Setiap hari Bulog bisa menyerap 3.000 ton setara beras. Penyerapan terbesar terjadi di Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Jombang, Bojonegoro, dan Lamongan. Masih adanya beberapa daerah yang sudah memasuki musim tanam membuat pihaknya optimistis bisa mendongkrak serapan pada semester kedua.

’’Selain membeli beras untuk kegiatan public service obligation (PSO) yang dipatok HPP sebesar Rp 3.700 per kg untuk gabah kering panen, kami melakukan pengadaan untuk beras komersial. Harganya pasti di atas HPP (harga pembelian pemerintah, Red),’’ terangnya.

Anggota Komisi VI DPR Bambang Harjo menyatakan, penyerapan oleh Bulog tersebut merupakan bagian dari peran sebagai stabilisator pangan. Setidaknya stok yang ada bisa mencukupi untuk kebutuhan hingga setahun mendatang.

Selain beras, Bulog menyerap jagung dan kedelai. Tercatat, stok jagung mencapai 43 ribu ton. Untuk kedelai, Bulog Jatim belum melakukan penyerapan.

’’Ke depan, kami dorong Bulog tidak hanya menyerap tiga komoditas itu, tapi juga sembilan komoditas lain. Sebab, dalam ketentuan perundangan-undangan, pemerintah melalui Bulog harus menjamin sebelas komoditas, baik mutu, jumlah, maupun harga. Nah, di Jatim ini Bulog sudah jual enam komoditas. Ke depannya bisa diikuti dengan komoditas lain,’’ papar Bambang.

SURABAYA – Bulog Divre Jatim berupaya memaksimalkan penyerapan gabah pada semester kedua. Penyerapan perlu lebih diupayakan karena harga cenderung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News