Ini Strategi Heru Budi Menurunkan Angka Kemiskinan Ekstrem di Jakarta

Ini Strategi Heru Budi Menurunkan Angka Kemiskinan Ekstrem di Jakarta
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target 0 persen kemiskinan ekstrem di ibu kota pada 2024. 

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan ekstrem di Jakarta per Maret 2022 sebesar 0,89 persen.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menginstruksikan jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk menjalankan “Program Intervensi Kemiskinan Terpadu”.

Intervensi pertama adalah terjun langsung ke setiap wilayah untuk melakukan validasi dan pemutakhiran data.

“Sehingga dapat ditemukan akar masalahnya dan segera dilakukan intervensi yang tepat sasaran. Kami pastikan target 0 persen itu dapat tercapai pada 2024,” ucap Heru dalam keterangannya, pada Jumat (3/2).

Intervensi kedua yang dilakukan adalah melalui program pengurangan beban pengeluaran bagi keluarga tidak mampu yang meliputi program bantuan atau layanan sosial, antara lain, Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), BPMS (Bantuan Pendidikan Masuk Sekolah) untuk sekolah swasta, dan KAJ (Kartu Anak Jakarta).

Selanjutnya, program bantuan atau layanan sosial lainnya, seperti KPARJ (Kartu Peduli Anak dan Remaja Jakarta) untuk anak dan remaja yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, KLJ (Kartu Lansia Jakarta), KPDJ (Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta), Jaminan Sosial Kesehatan, Subsidi Pangan, Subsidi Air Bersih, Subsidi Tangki Septik, Subsidi Rusunawa, dan Subsidi Transportasi. 

“Intervensi ketiga adalah melalui program produktivitas dan pendapatan, seperti pelatihan keterampilan kerja, bursa kerja, dan kewirausahaan terpadu (bagi wirausaha pemula),” kata dia.

Inilah strategi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menurunkan kemiskinan ekstrem di ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News