Ini Tempat yang Aman Buat Pengungsi Korban Kerusuhan Wamena

Ini Tempat yang Aman Buat Pengungsi Korban Kerusuhan Wamena
Kunjungan Asisten I Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua Leteren Yigibalom bersama rombongan untuk meminta warga menjaga keamanan daerah itu. Foto: ANTARA /HO/RSUD Tiom

jpnn.com, LANNY JAYA - Direktur RSUD Tiom Lanny Jaya Nataniel Imanuel Hadi mengungkap, Kabupaten Lanny Jaya yang terletak bersebelahan dengan Kabupaten Jayawijaya menjadi tempat yang aman untuk para pengungsi korban kerusuhan di Wamena.

"Kalau kabupaten lain ada kekacauan juga, tetapi Lanny Jaya tetap aman, pengungsi pun bisa datang ke Lanny Jaya," ujar Nataniel seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, asisten I Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Leteran Yigibalom juga mengatakan bahwa seluruh masyarakat mulai dari Distrik Deam sampai Distrik Kuyawage sudah bersepakat untuk menjadikan Kabupaten Lanny Jaya sebagai kabupaten yang damai.

Nataniel mengatakan, Asisten I Sekda Lanny Jaya menegaskan hal itu ketika bersama rombongan mengelilingi Kota Tiom, ibu kota Lanny Jaya pada Kamis (26/9) untuk menyampaikan kepada warga agar menjaga keamanan.

Kesepakatan kedamaian itu menyusul demonstrasi anarkistis yang berujung kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, kabupaten tetangga Lanny Jaya, pada Senin (23/9).

Dia mengatakan, warga dari dua distrik itu juga sepakat bahwa Lanny Jaya menjadi rumah bagi semua. "Siapa pun yang datang ke Lanny Jaya silakan saja," katanya.

Dia menjelaskan Asisten I Sekda Lanny Jaya, Leteren Yigibalom bersama beberapa kepala-kepala bidang berkeliling Kota Tiom lebih khusus kepada warga yang berjualan di pasar, pasar mama, tukang ojek dan lainnya untuk memberikan imbauan agar menjaga keamanan.

"Kami memberikan imbauan kepada masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan di kota Tiom, ibu kota Kabupaten Lanny Jaya," ujarnya.

Kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9), merenggut puluhan nyawa, ratusan bangunan terbakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News