Ini Tiga Agenda Besar MPR di Bulan Agustus

Ini Tiga Agenda Besar MPR di Bulan Agustus
Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Pada Agustus 2017 ini MPR penuh dengan agenda kenegaraan. Pertama, terkait dengan Sidang Tahunan MPR yang dilaksanakan pada 16 Agustus dan pada tanggal itu Sidang Tahunan menjadi satu rangkaian dengan kegiatan sidang yang lain, yakni sidang bersama DPR dan DPD, serta siding DPR terkait dengan nota keuangan RAPBN 2018.

Kegiatan Sidang Tahunan MPR itu sendiri merupakan mandat dari peraturan Tata Tertib MPR No. 1 Tahun 2014 yang menyebutkan, MPR memfasilitasi penyelenggaraan Sidang Paripurna. MPR memfasilitasi Sidang Paripurna untuk lembaga-lembaga negara dalam menyampaikan laporan kinerja kepada masyarakat, publik.

Oleh karena itu Sidang Tahunan ini sangat strategis, karena pada Sidang Paripurna itu seluruh kinerja lembaga negara disampaikan ke masyarakat, meskipun formatnya sekarang masih laporan kinerja lembaga-lembaga negara yang disampaikan oleh Presiden dalam bentuk Pidato Kenegaraan.

Tapi intinya, substansi dari pidato Presiden adalah materi yang disampaikan oleh lembaga-lembaga negara. Lembaga negara yang dimaksud adalah MPR, DPR, DPD, BPK, MA, KY, dan MK, termasuk Presiden.

Sebelumnya dalam Rapat Gabungan -- rapat antara Pimpinan MPR dan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD -- yang sebelumnya didahului oleh Rapat Pimpinan. Rapat Pimpinan mempersiapkan bahan rapat gabungan dalam rangka persiapan pelaksanaan tiga agenda MPR pada Agustus 2017. Pertama, Sidang Tahunan MPR 16 Agustus; Kedua, Peringatan Hari Konstitusi 18 Agustus; Dan, ketiga, peringatan HUT MPR 29 Agustus.

Dalam rangkaian agenda kenegaraan, Sidang Tahunan akan dihadiri oleh presiden dan wakil presiden, serta pimpinan lembaga-lembaga negara, juga diikuti oleh seluruh anggota MPR.

Berikutnya, Hari Konstitusi. Menurut rencana juga akan dihadiri oleh Presiden dan lembaga-lembaga Negara. Agendanya Pidato Presiden dalam rangka Hari Konstitusi dan dilanjutkan dengan Pidato Ketua MPR dan grand final Lomba Cerdas Cermat (LCC) MPR tingkat nasional. Hal yang lebih penting dalam Hari Konstitusi adalah saatnya kita melakukan refleksi dan evaluasi terhadap jalannya konstitusi. Oleh karena itu yang akan disampaikan dalam pidato Hari Konstitusi dan grandfinal LCC MPR ada kaitannya dengan bagaimana konstitusi yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk rangkaian HUT ke-72 MPR setidaknya ada 3 agenda yang akan dilakukan secara berurutan, yakni pada 27 Agustus, 28 Agustus, dan 29 Agustus. Pada 27 Agustus, menurut rencana, akan diselenggarakan Jalan Sehat yang merupakan momentum untuk memperkuat kebersamaan dan toleransi. Nilai-nilai Kebhinekaan perlu diimplementasikan dan dimaknai lebih baik.

Pada Agustus 2017 ini MPR penuh dengan agenda kenegaraan. Pertama, terkait dengan Sidang Tahunan MPR yang dilaksanakan pada 16 Agustus dan pada tanggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News