Ini Tiga Alasan Sekolah Partai PDIP Pantas Diapresiasi

Ini Tiga Alasan Sekolah Partai PDIP Pantas Diapresiasi
Calon kepala daerah dan wakil kepala daerah menghadiri pembukaan Sekolah Calon Kepala Daerah PDI Perjuangan di Gedung PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Inisiatif PDI Perjuangan membuka sekolah calon kepala daerah menuai pujian. Sejumlah pengamat politik menilai gagasan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini membuat kualitas personal calon pemimpin daerah teridentifikasi dan terukur dengan baik.

"Kekuatan figur, tawaran program serta identifikasi terhadap partai merupakan faktor yang menentukan keterpilihan seorang calon kepala daerah. Oleh karenanya, inisiatif PDI Perjuangan ini (sekolah partai) pantas diapresiasi," kata dosen Ilmu Politik di FISIP Universitas Padjadjaran, Bandung, Firman Manan, (28/6).

Firman mengatakan, ada tiga hal kenapa gagasan tersebut patut diapresiasi. Pertama, sebagai upaya memperkuat kapasitas personal calon kepala daerah dari sisi kompetensi dan integritas calon, sehingga mampu bersaing dalam pilkada, sekaligus memiliki kesiapan untuk mengelola pemerintahan.

"Kedua, membantu calon kepala daerah untuk merumuskan visi, misi serta tawaran kebijakan yang pro-rakyat dengan mengacu pada ideologi partai. Sehingga ideologi partai akan tergambarkan dalam visi, misi serta program yang diusung para kader PDI Perjuangan yang akan bertarung dalam pilkada," ungkap Firman.

Ketiga, konsolidasi partai untuk membangun strategi pemenangan akan terbentuk dengan sendirinya, sehingga dukungan mesin partai dalam menghadapi pilkada dapat dioptimalkan.

"Sekolah calon kepala daerah akan memberikan kontribusi positif terhadap tampilnya calon-calon kepala daerah yang berkualitas sekaligus menegaskan arah perjuangan PDI Perjuangan dalam membangun daerah," tandasnya.

Seperti diketahui, PDIP secara resmi telah membuka sekolah partai untuk calon kepala daerah angkatan pertama, yang akan mengikuti pilkada serentak pada akhir tahun ini. Acara pembukaan itu dilakukan di Gedung DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dengan dihadiri ratusan kader dan calon kepala daerah, Minggu (28/6). 

Saat berbicara di hadapan peserta Sekolah Partai itu, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengingatkan para calon kepala daerah yang maju ke pilkada serentak untuk benar-benar bekerja keras. 

JAKARTA - Inisiatif PDI Perjuangan membuka sekolah calon kepala daerah menuai pujian. Sejumlah pengamat politik menilai gagasan partai yang dipimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News