Ini yang Dibahas Jokowi dan Wakil PM Uzbekistan di Istana

Ini yang Dibahas Jokowi dan Wakil PM Uzbekistan di Istana
Presiden Joko Widodo dan Wakil Perdana Menteri Uzbekistan Zoyir Mirzaev. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Kerja sama di bidang ekonomi, termasuk di dalamnya adalah perdagangan, pertanian, dan perikanan, akan menjadi prioritas bagi Indonesia dan Uzbekistan.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri (PM) Uzbekistan Zoyir Mirzaev di Istana Merdeka, Senin (21/8).

Untuk diketahui, di sela pertemuan Belt and Road Initiative yang telah diselenggarakan di Beijing beberapa waktu lalu, Jokowi-sapaan presiden telah bertemu dengan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev yang ketika itu menyampaikan ketertarikan dengan sejumlah program pembangunan pemerintahan Jokowi.

Ini yang Dibahas Jokowi dan Wakil PM Uzbekistan di Istana

"Oleh karena itu, beliau mengutus Wakil Perdana Menteri untuk datang ke Indonesia dalam mempelajari pembangunan di Indonesia, terutama mengenai masalah perikanan dan pertanian," ujar Retno.

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Zoyir Mirzaev pagi ini bertemu terlebih dahulu dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Mereka membicarakan seputar pengembangan swasembada sejumlah komoditas seperti beras dan lain-lainnya.

"Disebutkan juga tadi ketertarikan mereka untuk mempelajari Indonesia dalam mengembangkan produktivitas di beberapa komoditas pertanian antara lain adalah lada," ucap Retno.

Sementara dalam hal perikanan, Uzbekistan sebagai sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas daratan, sangat berkeinginan mempelajari tentang teknik akuakultur. Mereka sangat berharap kepada Indonesia untuk dapat melakukan kerja sama konkret dalam bidang ini.

Kerja sama di bidang ekonomi, termasuk di dalamnya adalah perdagangan, pertanian, dan perikanan, akan menjadi prioritas bagi Indonesia dan Uzbekistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News