Ini yang Dilakukan Bea Cukai untuk Memperkuat Penerapan NLE di Bandara Ngurah Rai

Ini yang Dilakukan Bea Cukai untuk Memperkuat Penerapan NLE di Bandara Ngurah Rai
Bea Cukai Ngurah Rai melaksanakan diskusi NLE dan kick-off single submission (SSm) ekspor bersama instansi kebandarudaraan dan stakeholder terkait, Rabu (12/7). Foto: dokumentasi humas Bea Cukai

jpnn.com, DENPASAR - Bea Cukai bersinergi dengan instansi pemerintah dan swasta sebagai dukungan penerapan program National Logistic Ecosystem (NLE) atau ekosistem logistik nasional di Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Tanjung Wangi.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan bahwa NLE merupakan hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

“Pemerintah terus berupaya memperluas implementasi NLE di berbagai wilayah di Indonesia untuk meningkatkan kinerja logistik nasional," kata Encep melalui keterangan yang diterima Kamis (13/7).

Hal tersebut, lanjut Encep menjelaskan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Dia menyampaikan berdasarkan data logistics performance index (LPI) yang dirilis Bank Dunia sebagai indikator kinerja logistik antarnegara di dunia menempatkan Indonesia pada peringkat ke-63 pada 2023.

Peringkat ini turun sebanyak 17 peringkat dari peringkat ke-46 pada 2018.

Penurunan kinerja logistik Indonesia dipengaruhi duplikasi repetisi dokumen, asymmetric information dalam supply dan demand, ketiadaan platform hulu-hilir, serta kualitas infrastruktur belum memadai.

Encep menyampaikan peningkatan LPI Indonesia harus dilakukan dengan perencanaan lintas kementerian atau lembaga terkait secara terintegrasi, serta melibatkan para pemangku kepentingan, terutama pelaku usaha terkait.

Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan upaya yang dilakukan Bea Cukai untuk memperkuat penerapan NLE atau ekosistem logistik nasional di Bandara Ngurah Rai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News