Ini yang Perlu Diketahui Tentang Terapi Bekam

Ini yang Perlu Diketahui Tentang Terapi Bekam
Bekam. Foto: Care2.com

jpnn.com - Bekam bukanlah tren kesehatan baru. Sebenarnya bekam sudah ada selama ribuan tahun dan merupakan teknik yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Para pendukung terapi bekam percaya bahwa bekam bisa membantu meningkatkan aliran darah untuk mempercepat proses penyembuhan alami tubuh Anda. Cara kerjanya, seorang praktisi akan menempatkan cangkir ke permukaan kulit untuk menciptakan efek vakum.

"Ini menyebabkan kulit dan lapisan lemak dari otot dan kadang-kadang bahkan memindahkan lapisan otot satu sama lain," kata Houman Danesh, MD, direktur manajemen nyeri integratif di The Mount Sinai Hospital di New York, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (6/1).

"Kadang-kadang cangkir dipindahkan di sepanjang serat otot untuk membantu mengendurkan otot-otot yang tegang," jelas Danesh.

Ada metode bekam yang berbeda juga. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, cawan adalah gelas dan dipanaskan menggunakan api. Nyala api tidak dimaksudkan untuk memanaskan cawan itu sendiri, tetapi untuk menghisap udara dan juga kulit.

"Cangkir juga bisa terbuat dari plastik dan vakum seperti pistol yang sebenarnya bisa digunakan untuk menghilangkan udara. Pasien merasakan perasaan terhisap yang sangat kuat dan mereka ditinggalkan antara dua hingga lima menit," kata Jamie Starkey, LAc, ahli akupunktur dan manajer Program Pengobatan TradisionalTiongkok di Cleveland Clinic Wellness Institute.

Starkey menyarankan memilih cangkir plastik untuk alasan kebersihan, karena biasanya dibuat hanya untuk satu kali penggunaan. Orang yang beralih ke terapi bekam sering melakukannya untuk meningkatkan mobilitas dan mengurangi nyeri otot, nyeri, pemulihan operasi dan radang sendi.

"Dua bekuan terbesar yang digunakan adalah untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak Anda," kata Kenneth Johnson, PT, direktur layanan terapi rawat jalan di Johns Hopkins Medicine.

Bekam bukanlah tren kesehatan baru. Sebenarnya bekam sudah ada selama ribuan tahun dan merupakan teknik yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News