Ini yang Terjadi Ketika Lalat Mendarat di Makanan Anda

Ini yang Terjadi Ketika Lalat Mendarat di Makanan Anda
Ilustrasi lalat. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Ketika lalat mendarat di makanan, Anda mungkin akan mengusirnya dan terus makan. Tetapi apakah Anda harus khawatir tentang kuman yang dibawa lalat?

"Setidaknya ada 100 patogen yang bisa dibawa oleh lalat patogen, seperti bakteri, virus, dan telur parasit," kata Thomas J. Daniels, PhD, ilmuwan peneliti dan direktur Laboratorium Ekologi Vektor Universitas Fordham di Louis Calder Center, seperti dilansir laman MSN, Kamis (18/6).

Bakteri dan virus pada makanan yang terkontaminasi, pupuk kandang, dan hal lain yang mengandung kuman menempel pada tubuh lalat dan rambut-rambut kecil di kaki binatang yang menjengkelkan ini.

Ketika lalat terbang dan mendarat di tempat lain, seperti makanan Anda, lalat pastinya akan meninggalkan beberapa kuman itu.

"Beberapa kuman bisa sangat menakutkan. Para ilmuwan tahu lalat bisa menyebarkan E. coli, salmonella, hepatitis A, dan rotavirus," kata spesialis penyakit menular, Brent W. Laartz, MD, penulis buku How to Avoid Contagious Diseases.

Ada juga Shigella, sekelompok bakteri yang bisa menyebabkan diare, demam, dan sakit perut.

Tetapi sebelum Anda mulai membuang semua makanan di meja makan Anda, ketahuilah bahwa tidak setiap lalat akan membawa semua kuman itu.

Yang disebutkan di atas adalah semua bakteri dan virus feses, yang tidak ada pada semua makanan yang dimakan lalat.

Anda harus khawatir ketika lalat mendarat di makanan, sebab beberapa kuman akan menyebabkan masalah kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News