JPNN.com

Makanan dan Minuman ini Bisa Mencegah Nyeri Sendi

Kamis, 18 Juni 2020 – 23:16 WIB
Makanan dan Minuman ini Bisa Mencegah Nyeri Sendi - JPNN.com

jpnn.com - Kesehatan sendi sering kali disepelekan dan tidak diperhatikan. Padahal, jika terdapat penyakit atau gangguan pada sendi, tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sendi adalah melalui pola makan.

Menurut penelitian yang dimuat di Arthritis Care and Research, sebesar 24% penderita rheumatoid arthritis mengalami perbaikan gejala setelah menjalani pengaturan pola makan.

Makanan dan Minuman untuk Cegah Nyeri Sendi

Pada dasarnya, beberapa jenis makanan terbukti efektif menghambat proses peradangan, menguatkan tulang, serta menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. Berikut beberapa makanan untuk menjaga kesehatan sendi:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makerel, dan sarden tinggi akan asam lemak omega-3. Omega-3 dapat berperan sebagai antiperadangan sehingga merupakan makanan yang baik untuk tulang dan sendi.

Menurut studi yang dilakukan oleh NYU Langone Medical Centre di Amerika Serikat, ikan berlemak tersebut dapat mengurangi keluhan peradangan sendi seperti nyeri dan kaku sendi.

Selain itu, ikan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Berbagai studi menyebutkan bahwa penyakit rheumatoid arthritis berkaitan dengan kadar vitamin D yang rendah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy