JPNN.com

Ini yang Terjadi pada Kualitas Sperma Jika Anda Merokok

Jumat, 23 Agustus 2019 – 04:08 WIB Ini yang Terjadi pada Kualitas Sperma Jika Anda Merokok - JPNN.com

jpnn.com - Sebagian besar orang tahu bahwa merokok sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Banyak pula penelitian yang telah membuktikan bahwa rokok bisa meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Selain itu ternyata rokok juga bisa mengganggu kualitas sperma pada pria.

Berdasarkan beberapa penelitian terakhir, rokok memang telah terbukti bisa menurunkan kualitas sperma. Tentunya, ini adalah kabar buruk bagi perokok yang sedang berusaha untuk memiliki anak.

Pengaruh negatif rokok pada kualitas sperma

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma, penurunan pergerakan sperma, dan bentuk sperma yang buruk. Efek negatif merokok paling besar dirasakan pada pria dengan gangguan sperma sebelumnya dan juga dirasakan paling besar pada perokok berat.

Beberapa gangguan pada sperma yang ditemukan dari para perokok, yaitu:

1. Konsentrasi sperma menurun

Konsentrasi sperma mengacu pada jumlah sperma yang ditemukan dalam jumlah semen yang diukur pada penelitian. Semen adalah cairan yang keluar saat ejakulasi, dan di dalam cairan ini ditemukan sperma yang berfungsi membuahi sel telur wanita. Penelitian menunjukkan penurunan konsentrasi sperma sebesar 23 persen pada pria yang merokok.

2. Motilitas sperma yang buruk

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...