Inikah Lokasi Kapal Nabi Nuh Terdampar?

Inikah Lokasi Kapal Nabi Nuh Terdampar?
Situs yang dianggap sebagai lokasi terdamparnya bahtera Nabi Nuh di Gunung Agri, Turki. Foto: Hurriyet

jpnn.com, ISTANBUL - Sebuah tim peneliti Turki sedang meneliti lokasi yang dianggap sebagai tempat bahtera Nabi Nuh terdampar.

Tim beranggotakan peneliti dari Istanbul Technical University (ITU) dan Agri Ibrahim Cecen University (AICU) itu belum lama ini memulai penelitian mereka di sebuah situs di Gunung Agri.

Para peneliti yang merupakan geofisikawan, ahli kimia, dan pakar geoarkeolgi mengambil sampel tanah dan bebatuan dalam jumlah besar untuk diteliti di laboratorium ITU.

Wakil Rektor AICU Profesor Faruk Kaya mengatakan pemeriksaan di laboratorium oleh para ahli itu diperkiirakan selesai dalam satu setengah bulan.

“Berdasarkan hasil ini (pemeriksaan laboratorium, red) kami akan menentukan peta jalan,” ujarnya.

Lokasi situs itu berada di antara Desa Telceker dan Izengli di wilayah Dogubayazit. Penemu situs itu ialah ?lhan Durup?nar, seorang insinyur survei pada 11 September 1959.

Saat itu, Ilhan yang sedang terbang untuk memetakan wilayah Anatolia Timur menemukan reruntuhan yang menarik perhatiannya. Lokasi itu kini juga menjadi destinasi bagi turis lokal maupun mancanegara.

“Kawasan ini memiliki potensi yang sangat kuat untuk wisata religi karena sebagian besar daya tariknya ialah Gunung Agri dan sekitarnya,” kata Profesor Faruk.

Sebuah tim peneliti dari Istanbul Technical University (ITU) Agri Ibrahim Cecen University (AICU) meneliti lokasi yang dianggap sebagai tempat bahtera Nabi Nuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News