Inilah 4 Rute Penerbangan Baru yang Diusulkan Pemkab Kobar

Inilah 4 Rute Penerbangan Baru yang Diusulkan Pemkab Kobar
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Kobar Juni Gultom. (ANTARA/M Husein Asyari)

jpnn.com - PALANGKA RAYA - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, mengusulkan penambahan empat rute penerbangan baru, yakni dari Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, tujuan Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Palangka Raya (Kalteng), serta Pontianak dan Ketapang (Kalbar).

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Kobar Juni Gultom mengatakan pengusulan penambahan rute penerbangan tersebut sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara, dan juga untuk terbukanya konektivitas perekonomian antardaerah.

"Beberapa rute baru yang diusulkan itu, dari Bandara Iskandar, Pangkalan Bun dengan tujuan bandara di Banjarmasin, Palangka Raya, Ketapang dan Pontianak," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Kobar Juni Gultom di Pangkalan Bun, Jumat (10/2).

Dia berharap dibukanya rute baru tersebut dapat mendukung pemulihan perekonomian di berbagai sektor di dalam perkembangan daerah. Dengan penambahan rute penerbangan, akses masyarakat ke daerah tujuan makin memperpendek waktu tempuh.

Kondisi ini diperlukan untuk meningkatkan minat investor berinvestasi yang bermuara pada peningkatan pembangunan dan ekonomi daerah. "Kita tahu untuk transportasi udara saat ini memang banyak dicari, karena selain cepat juga membantu kepentingan masyarakat, pejabat," kata Juni Gultom.

Dalam rangka mendukung upaya pengusulan penambahan rute penerbangan tersebut, pihaknya juga telah bersilaturahmi dan melakukan pembicaraan ke beberapa maskapai. Dia berharap penambahan rute domestik tersebut bisa direalisasikan secepatnya 2023 ini.

Pihaknya terus berupaya menyesuaikan dengan teknis bandara, dan selain itu kesesuaian maskapai yang bisa mendarat di Bandara Iskandar. "Kami berharap dengan makin banyak maskapai yang memberikan rute melalui Pangkalan Bun akan berdampak positif seperti meningkatkan ekonomi, dan kunjungan wisatawan," harap Juni.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bandara Iskandar Pangkalan Bun Zubair mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada penambahan rute penerbangan dari dan menuju Pangkalan Bun. "Untuk sementara ini belum ada," jawab Zubair singkat. (antara/jpnn)

Pemkab Kobar, Kalteng, mengusulkan penambahan empat rute penerbangan baru. Ini selengkapnya.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News