Inilah 98 Pebulu Tangkis Penghuni Pelatnas Cipayung 2019

Inilah 98 Pebulu Tangkis Penghuni Pelatnas Cipayung 2019
Ilustrasi bulu tangkis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PP PBSI akhirnya mengumumkan pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan nasional atau pelatnas Cipayung.

Ada 98 pebulu tangkis putra dan putri yang dipercaya mengisi pelatnas utama dan pratama PBSI. Seluruh atlet yang dipanggil akan memulai latihan di pelatnas pada Senin (7/1).

Sebelumnya pada 10 Desember 2018, seluruh pemain telah dipulangkan ke klub masing-masing. Namun, ada beberapa pemain yang tak meninggalkan pelatnas masih mengikuti latihan untuk persiapan menuju turnamen Thailand Masters yang akan berlangsung di Bangkok pada awal Januari 2019.

Sama seperti tahun sebelumnya, penghuni pelatnas tetap akan dibagi menjadi dua level yaitu level utama dan pratama. Mulai tahun 2019, PBSI menetapkan empat klasifikasi Surat Keputusan (SK) bagi tiap atlet, terdiri dari SK Prioritas, SK Utama, SK Pratama dan SK Magang.

Atlet dengan SK Prioritas adalah mereka yang diproyeksikan untuk Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Perbedaan mendasar dari keempat SK ini adalah jumlah turnamen yang diikuti para atletnya dalam setahun. Jika ingin menambah jumlah turnamen yang diikuti, pemain dapat berangkat menggunakan biaya sendiri. Selebihnya, soal fasilitas latihan, makan, asrama, semua ditanggung oleh PBSI.

Nama pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kini tak lagi ada di daftar tim ganda putra karena keduanya memutuskan untuk menjadi pemain profesional.

Namun, pasangan Juara Dunia 2013 dan 2015 ini masih tetap akan berlatih bersama tim ganda putra pelatnas, tapi sebagai pemain profesional, Hendra/Ahsan menanggung sendiri biaya turnamen yang akan mereka ikuti.

Penghuni Pelatnas Cipayung 2019 yang memegang SK Prioritas adalah mereka yang diproyeksikan untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News